Pada 2013, Honda mengembangkan dan mengumumkan mesin dua silinder baru untuk sepeda motor kelas menengah. Kami akan memperhatikan spesifikasi mesin generasi baru kedua setelah 700cc yang dirilis setahun yang lalu dan bagaimana menggunakan teknologi terbaru.

Mesin Honda

Pada akhir Januari 2013, Honda mengadakan pengarahan teknis tentang mesin 400cc. Yang baru dikembangkan untuk motor sport, yang disebut “generasi berikutnya”. Saya yakin saya bukan satu-satunya yang senang dengan kata “generasi selanjutnya” dan perpindahan 400cc. Berbicara tentang 400cc, perpindahannya diatur khusus untuk penggunaan domestik. Ini adalah kelas terbesar yang bisa dikendarai dengan lisensi sepeda motor biasa. Popularitasnya sedang lesu sekarang, dan lineup yang dirilis oleh pabrikan sepeda motor sepi. Tetapi saya ingin memberikan tepuk tangan yang tulus untuk semangat Honda dalam mengembangkan mesin baru yang akan menghidupkannya. cukong 88 login

Mesin baru ini berpendingin air paralel (in-line) 2-silinder, DOHC 4-katup. Bore x stroke adalah 67.0mm x 56.6mm, tipe short stroke 399cc. Pitch lubang silinder kiri dan kanan adalah 74mm, dan kelangsingan di atas pinggang melampaui silinder tunggal. Berpendingin udara sebelumnya dengan perpindahan yang sama. Omong-omong, bore 67mm dan bore pitch 74mm sama dengan mesin 4 silinder CBR600RR, yang merupakan motor sport murni. Dan teknologi serta data digunakan bersama. Saat itu, hanya garis besar mesin yang diumumkan, dan spesifikasi seperti keluaran, spesifikasi kendaraan yang dilengkapi dengannya, dan waktu peluncurannya tidak dijelaskan. generasi.”

Honda mengutamakan kecepatan sedang dan rendah?

Pada Februari 2012, Honda merilis seri NC700 yang dikembangkan dengan memasang mesin 2 silinder 700cc paralel (in-line) pada tiga jenis kendaraan yang berbeda, dan 400cc ini memiliki banyak bagian umum. Apalagi pada mesin 400cc ini, tidak ada teknologi yang muncul pertama kali dalam arti sebenarnya, menariknya digunakan untuk tindakan lingkungan modern seperti peningkatan dan pengendalian emisi. Selain itu, kami telah mengejar karakteristik yang menggabungkan kemudahan penanganan dan kesan sporty, seperti menghasilkan torsi yang cukup dari kisaran kecepatan rendah dan dengan bersih naik ke kisaran putaran tinggi, dan paralel 400cc “generasi berikutnya” ini) harus memiliki nilai segar dan pesona mesin 2 silinder.

See also  Mobi Mazda SKYACTIV-CNG Menggunakan Dua Jenis Bahan Bakar. Menjelajahi Kekuatan Gas Alam Terkompresi [Kursus Dasar Super Mesin Pembakaran Internal]

Membandingkan piston dari mesin 400cc baru ini dengan rasio kompresi dan efisiensi intake/exhaust yang lebih tinggi dengan mesin seri NC700, ada perbedaan yang jelas pada bentuk mahkota tergantung pada apakah kelegaan keempat katup diukir dalam atau tidak. .Bentuk keseluruhan piston yang dibuat lebih ringan sangat mirip. Banyak pengetahuan akan terakumulasi untuk struktur lubang + 4 katup umum dalam hal kontrol pembakaran juga.

Namun, mesin seri NC700 dan mesin 400cc baru ini berbeda dalam hal performa (fungsi) dan biaya yang dibutuhkan, dan metode yang diadopsi juga sedikit berbeda. Misalnya, skirt 400cc memiliki coretan kasar, yang meningkatkan retensi film oli, mengurangi kehilangan gesekan, dan mengurangi emisi gas buang. Untuk pin piston dan batang penghubung, teknologi pemrosesan terbaru digunakan berulang kali untuk mengeraskan material dan mengeraskan permukaan. Selain lebih murah daripada pelapisan krom pada pin piston, ia juga meningkatkan ketahanan aus.

See also  SUZUKI Memperkenalkan 6 model EV di Jepang! Suzuki mengumumkan strategi pertumbuhan untuk tahun 2030

Cara Kerja Mesin Honda seri NC700 dan mesin 400cc

Sebuah roller rocker arm digunakan untuk mekanisme katup cam ganda yang digerakkan oleh rantai senyap di sisi kanan mesin. Berbeda dengan seri NC700, satu cam bertanggung jawab untuk membuka dan menutup dua katup sekaligus melalui roller rocker. Dalam hal mengejar rpm ultra-tinggi, bobot rangkaian katup harus ringan, dan mengadopsi tipe stroke langsung adalah hal yang umum, tetapi 400cc baru ini ditetapkan dari awal untuk menghasilkan output maksimum pada 9500 rpm. , roller rocker diadopsi dengan penekanan pada pengurangan kerugian gesekan.

Namun, karena ini adalah mesin yang berputar hingga 9500 rpm, ini sama sekali bukan tipe putaran rendah. Oleh karena itu, sistem shim yang sederhana dan ringan tanpa penyetel sekrup digunakan untuk penyetelan tappet. Poin ini juga berbeda dengan seri NC700. Secara alami, kami tidak dapat mengabaikan langkah-langkah untuk mengurangi bobot rangkaian katup. Pegas katup pitch ganda, yang memiliki kemampuan mengikuti yang sangat baik, juga memiliki beban set yang sederhana. Tampaknya keseimbangan dari faktor-faktor tersebut menghasilkan perasaan rotasi yang halus dan elastis.

Seri Mesin Yang Dikeluarkan Oleh Motor Honda

Ngomong-ngomong, mesin seri NC700 dengan perpindahan 669cc adalah tipe langkah panjang, dan mengadopsi pembakaran interval tidak sama dengan engkol fase 270 derajat. Output maksimumnya adalah 37kW/6250rpm. Pada November 2012, Honda mengumumkan model CBR500R/CB500F/CB500X untuk penggunaan di luar negeri (dirilis pada musim semi 2013), namun ketiga model ini dilengkapi dengan 470.8cc paralel (in-line) 2 silinder. mm x 66,8mm, hampir persegi. Output maksimum diatur pada 35kW/8500rpm agar sesuai dengan sistem lisensi Eropa. Mesin ini adalah mesin 400cc dengan stroke dikurangi menjadi 56,6mm. Baik engkol 500cc dan 400cc menggunakan pembakaran dengan interval sama fase 180 derajat, tetapi mesin 400cc langkah pendek mempertimbangkan karakteristik keluaran yang meluas lebih jauh hingga putaran tinggi, dengan keluaran maksimum 34kW/9500rpm dan torsi maksimum sebesar 37Nm/7500rpm.

See also  √ 9 Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas Murah Yg Rupawan Untuk Pemula

Namun, angka-angka ini tidak terlalu penting. Tetap gunakan mesin ini. Dalam mengejar karakteristik keluaran yang fleksibel, andal, dan mudah ditangani, teknologi pengurangan kerugian gesekan telah diperkenalkan secara menyeluruh di mana-mana, dan tidak ada keraguan bahwa ini akan menunjukkan kinerja yang lebih baik dalam hal lingkungan dan efisiensi bahan bakar.

Misalnya, pompa air, yang penting untuk mensirkulasikan air pendingin tetapi menghabiskan daya, dan pompa oli untuk pelumasan benar-benar hemat energi dengan membuatnya lebih kecil, lebih ringan, dan lebih efisien. Bentuk wadah oli di bagian bawah mesin juga disederhanakan. Kerugian gesekan juga dikurangi dengan merampingkan karakteristik aliran masing-masing. Crankcase juga didesain tanpa sekat antara transmisi dan pumping loss yang terjadi saat piston bolak-balik naik turun. Konon poin ini juga menghasilkan efek yang tidak bisa diabaikan.

By Yofi