Mobi Mazda SKYACTIV-CNG telah menetapkan spesifikasi CNG untuk Axela dan mulai menjualnya ke pengguna umum, terutama di Eropa. Ini adalah salah satu pilihan yang ampuh untuk mempromosikan diversifikasi bahan bakar sambil mengawasi pengendalian emisi CO2 (karbon dioksida).

Axela CNG Concept tampil perdana di Tokyo Motor Show 2013. Mesin dengan rasio kompresi tinggi memiliki tegangan ring piston yang tinggi, sehingga mudah dikonversi menjadi bahan bakar gas. Mungkinkah spesifikasi CNG menjadi basis kendaraan HCCI? CNG adalah injeksi port, dan bensin adalah injeksi langsung ke dalam silinder. Di tempat-tempat dengan infrastruktur CNG, dapat digunakan sebagai kendaraan CNG, dan tentunya dapat berjalan dengan bensin saja. Meskipun merupakan kendaraan bi-fuel dengan sistem suplai bahan bakar terpisah, ia juga dapat digunakan sebagai kendaraan dual-fuel yang mencampurkan dua bahan bakar.

Mobi Mazda

Mobi Mazda SKYACTIV-CNG

Ada port injeksi CNG di sisi kanan kendaraan dengan kap terbuka. Pada kendaraan niaga, pengisian bensin di lokasi ini tidak nyaman dan harus dipindahkan ke lokasi yang sama dengan tempat pengisian bensin. Kotak persegi adalah ECU berbasis CNG. Lokasi harus berubah di panggung komersial juga. Tangki CNG dipasang di ruang bagasi. Tangki 200 tekanan atmosfer (20MPa) memiliki kapasitas 75ℓ. Posisi ini tentu lebih aman, namun kapasitas bagasi berkurang signifikan. Mempertimbangkan bahwa ini masih merupakan “konsep” dan masih dalam tahap prototipe, apakah Anda berharap untuk memperkenalkannya di Jepang?

See also  Suzuki Luncurkan SUV Baru Top-of-the-Line Grand Vitara… Indonesia Motor Show 2023

Alasan mengapa kendaraan berbahan bakar gas tidak dapat memasuki pasar bahan bakar otomotif di Jepang adalah karena prioritas pembangunan infrastruktur bensin/minyak ringan pada tahun 1960-an, pajak bahan bakar, dan perang rumput di industri energi.

Pertama-tama, CNG dan LPG (autogas) memiliki titik awal yang berbeda, dan situasi ini masih bertahan sampai sekarang. CNG adalah gas terkompresi, saat ini diisi dalam tangki sekitar 200 atmosfer. LPG mencair pada 6 atmosfer (gas yang sama dengan yang digunakan pada pemantik gas), jadi tangki berat seperti CNG tidak diperlukan. Namun, dalam kedua kasus tersebut, tangki tidak diakui sebagai suku cadang mobil, sehingga ditempatkan di luar perjanjian untuk mengoordinasikan sertifikasi suku cadang mobil secara internasional, dan oleh karena itu memerlukan pemeriksaan terpisah dari inspeksi untuk kendaraan. Di bawah Undang-Undang Keselamatan Gas Bertekanan Tinggi, ini disebut “wadah mobil” dan diperlakukan sebagai wadah untuk bisnis gas. Ini adalah faktor terbesar yang menghambat penyebaran gas kendaraan.

See also  Mesin Honda NC47E 400cc 2 silinder kontroversial untuk sepeda motor mengutamakan kecepatan sedang dan rendah

Mobi Mazda SKYACTIV-CNG

Tangki LPG yang saya temukan di Belanda, negara dengan kendaraan gas canggih, muat di ruang penyimpanan ban serep. Dijual dengan kit modifikasi mesin, ini mengubah mobil bensin biasa menjadi bi-fuel. Tangki ini juga digunakan oleh Hyundai.
Pemeriksaan penampilan dan kebocoran gas dilakukan pada tangki CNG selama pemeriksaan kendaraan. Namun, undang-undang dalam negeri tidak mengizinkan tangki buatan asing yang memenuhi standar ECE, jadi pengisian bahan bakar tidak diizinkan kecuali tangki diganti dengan yang memenuhi standar lokal Jepang. Tangki LPG harus diperiksa satu per satu setiap enam tahun, dan tangki harus dikeluarkan dari mobil, diperiksa, dan katupnya diganti. Tidak masuk akal jika tangki CNG 200 atm hanya diperiksa secara visual, dan hanya tangki LPG 6 atm yang dirombak.

See also  √ 9 Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas Murah Yg Rupawan Untuk Pemula

Namun, ada langkah pada tahun 2013, dan Kabinet memutuskan untuk menerima standar ECE, yang juga telah diratifikasi Jepang, menetapkan bahwa tangki CNG dalam kendaraan dan tangki LPG adalah suku cadang mobil. Setelah itu akan ditangani pada tataran praktis, namun sudah menjadi kebiasaan di SPBU untuk “menjual bensin hanya ke kendaraan kontrakan”, dan situasi saat ini masih jauh dari promosi penggunaan bensin. Masa lalu harus diselesaikan sebagai masa lalu, dan aturan baru harus dibuat.

Di antara pabrikan mobil, Honda memiliki jajaran kendaraan CNG, dan Mazda juga menjualnya di Eropa dan negara lain. Jika infrastruktur dan peraturannya sudah ada, kendaraan berbahan bakar gas bisa tersebar luas di Jepang. Ini juga merupakan ketahanan energi, dan seperti yang ditunjukkan pada tabel di atas, ia memiliki karakteristik yang sangat baik sebagai bahan bakar.

By Yofi