Toyota telah dikritik karena tertinggal dalam hal kendaraan listrik (EV). Tetapi pembuat mobil terbesar di dunia ini memadukan “EV” dengan “hibrida plug-in” dan “hibrida” seperti Prius. Strategi ini akan memainkan peran utama dalam mengurangi emisi CO2 dalam waktu dekat.

Gill Pratt. CEO Toyota Research Institute (TRI). Memulai pembicaraannya di Forum Ekonomi Dunia pada bulan Januari. Tentang cara terbaik untuk menghentikan peningkatan pesat emisi CO2 yang berkontribusi terhadap pemanasan global. Sebagai kepala ilmuwan Toyota. Proposalnya berjalan sedikit berlawanan dengan seruan untuk elektrifikasi mobil. Untuk bergerak maju secepat mungkin untuk menjauhkan dunia dari minyak bumi.

Toyota

“Kita harus melistriki mobil sebanyak mungkin. tetapi tidak harus menjadi salah satu cara untuk melistriki”.

Kata Pratt berjanggut di konferensi Davos. Swiss. EV yang hanya ditenagai oleh baterai dapat mengurangi emisi CO2. tetapi untuk melakukannya. Diperlukan baterai lithium-ion yang menggunakan logam langka dalam jumlah besar seperti lithium. kobalt. dan nikel.

Pratt mengatakan hibrida plug-in dapat dibuat dengan logam langka lebih sedikit daripada EV. Dan hibrida seperti Prius dapat dibuat dengan sangat sedikit. Paket baterai 100kWh yang digunakan dalam Tesla Model S dan Ford EV baru. Dikatakan mengandung logam langka yang dibutuhkan untuk lebih dari 90 kendaraan Prius.

Selain itu. kendaraan hybrid mengeluarkan CO2 dua kali lebih banyak daripada EV saat mengemudi. Tetapi dengan mengurangi ukuran baterai. dimungkinkan untuk mengurangi CO2 yang dihasilkan selama tahap pembuatan. “Kami tidak mengusulkan untuk pindah ke kendaraan hibrida sepenuhnya. Saya pikir itu bagus.” Argumennya tidak populer

See also  √ 9 Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas Murah Yg Rupawan Untuk Pemula

di kalangan pecinta lingkungan . tetapi ini bisa dibilang merupakan kebaikan sosial langsung terbesar dalam hal pengurangan emisi CO2. “Model 3” Tesla termurah di Amerika Serikat dihargai $43.000 (5.369.000 yen di Jepang). Sedangkan harga Prius baru berada di kisaran $20.000 (sekitar 2.7 juta yen). membuatnya tersedia untuk dibeli. secara dramatis lebih tinggi. Dengan transportasi yang menyumbang 27% dari emisi CO2 AS . Mengganti mobil bertenaga bensin dan diesel dengan EV adalah pilihan yang tepat. Tetapi harga rata-rata EV baru adalah sekitar $59.000. yang masih di luar jangkauan banyak orang. Selain itu. penambangan logam langka yang diperlukan untuk EV telah ditunjukkan tidak hanya berdampak negatif terhadap lingkungan. tetapi juga memiliki kerugian sosial seperti pekerja anak.

Perhitungan percobaan dengan mempertimbangkan emisi CO2 pada tahap manufaktur

Menurut Laboratorium Nasional Argonne Departemen Energi A.S.. kendaraan listrik mengeluarkan lebih banyak CO2 daripada kendaraan bensin. hibrida. atau hibrida plug-in karena membutuhkan lebih banyak suku cadang dan proses untuk membuatnya. Lembaga tersebut menggunakan model yang disebut GREET untuk memperkirakan emisi CO2 dari semua aspek kendaraan. Tapi tetap saja. sebagian besar polusi yang dihasilkan mobil berasal dari mengemudi di jalan raya. dan dengan mempertimbangkan semua hal. EV lebih baik dalam jangka panjang.

Pengemudi yang mengganti mobil bensin kecil dengan paket baterai 60kWh EV seperti Tesla’s Model 3. setelah berkendara sekitar 18.000 mil (sekitar 29.000 km). memancarkan CO2 total lebih sedikit daripada mobil bensin. Juga. jika Anda menggantinya dengan kendaraan hybrid seperti Prius. emisi akan tetap di bawah EV hingga 45.000 mil (sekitar 72.000 km). dan setelah itu. EV akan lebih unggul. Selain itu. hibrida plug-in kecil dengan baterai 9kWh akan menjadi opsi paling ramah lingkungan hingga 68.000 mil. setelah itu EV lebih unggul.

See also  Spesifikasi mobil Overnight SUZUZKI "Spacia Base"

Pengemudi AS rata-rata berkendara sejauh 13.000 mil (sekitar 20.000 kilometer) per tahun. dan berdasarkan ini. EV mengeluarkan lebih sedikit CO2 daripada hibrida setelah 3 tahun 6 bulan pembelian. Selain itu. dibandingkan kendaraan hybrid plug-in. akan memiliki keunggulan setelah tahun kelima . Namun. perkiraan ini hanya untuk sementara.

Analis Argonne Jarrod Kelly mengatakan data tersebut didasarkan pada rata-rata jaringan listrik AS saat ini. dan EV akan mengungguli hibrida di tahun-tahun mendatang.

“Meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan kendaraan hybrid adalah hal yang baik. Dan itu akan menjadi pengurangan yang dramatis.” kata Kelly.

Jadi klaim Toyota tentang pengurangan emisi CO2 yang luas yang dapat berasal dari peningkatan penjualan kendaraan hybrid. bahkan jika itu sekarang. mungkin tidak akan bertahan lama. Selain itu. kendaraan hybrid tidak akan mempercepat transisi dari oli.

“Kita harus memikirkan jalur jangka panjang menuju emisi karbon nol bersih.” kata Amor Fadke. seorang ilmuwan di Laboratorium Nasional Lawrence Berkeley di Departemen Energi.

“Yang penting di sini adalah bahwa bahkan jika sebuah solusi bekerja hari ini dan merupakan solusi yang membawa manfaat paling besar. apakah itu menempatkan kita pada jalur net-zero dan bagaimana solusi itu bekerja? Pertanyaannya adalah apakah kebijakan tersebut hemat biaya dalam jangka panjang.” katanya.

See also  Mesin Honda NC47E 400cc 2 silinder kontroversial untuk sepeda motor mengutamakan kecepatan sedang dan rendah

Fadke percaya bahwa penelitian sebelumnya tidak hanya akan menghasilkan tenaga yang lebih bersih. tetapi seiring waktu kekurangan bahan baterai akan teratasi dan harga EV akan turun. “Dalam jangka panjang. harga baterai akan turun.” katanya. Namun. kapan itu masih harus dilihat.

Tantangannya adalah kekurangan pasokan lithium

Pratt Toyota, sementara itu, mengatakan lithium bisa habis dalam beberapa tahun ke depan, sehingga pasar EV mungkin tidak berkembang secepat harapan pemerintah dan kelompok lingkungan. “Diperlukan 10 hingga 15 tahun untuk mendirikan tambang litium baru, sedangkan pabrik baterai dapat dibangun dalam dua hingga tiga tahun.

Setelah mendominasi selama seperempat abad di pasar mobil hybrid, tampaknya egois bagi Toyota untuk mengambil pendekatan yang sangat bergantung pada hybrid. Perusahaan, yang menjual kendaraan listrik crossover bZ4X, dapat mempercepat rencana kendaraan listriknya di bawah CEO baru, tetapi hibrida diharapkan tetap menjadi bagian besar dari strategi Toyota hingga tahun 2020-an. Harga Prius 2023 mulai dari sekitar $27.000, dan model AS menempuh jarak 57 mil per galon. Mobil baru ini juga menjauh dari desain sepatu ortopedi pendahulunya untuk tampilan yang lebih ramping dan menarik. Terlebih lagi, versi plug-in, yang akan dirilis akhir tahun ini, diperkirakan akan jauh melampaui jangkauan listrik Prius Prime 2022. Pratt memberi tahu Forbes bahwa segala cara diperlukan untuk memperlambat akumulasi CO2 di Bumi. Dia mengibaratkan lonjakan CO2 seperti menuangkan air ke dalam bak mandi yang menguras air dengan lambat dan akan meluap.

By Yofi